Strategi adalah proses memahami segmen pasar, menetapkan pasar sasaran dan menetapkan positioning produk ke dalam benak pelanggan dengan tujuan membangun mind share. Hal ini disampaikan Jenu Widjaya Tanjung, CPM (ketua Indonesia Marketing Association) dalam seminar nasional “Legacy Marketing and New Wave Marketing Strategy for Regional Competition 2015” yang diselenggarakan oleh Magister Manajemen Universitas Narotama, Sabtu (1/2).
Menurut Jenu Widjaya Tanjung, STP (segmentasi, target, positioning) tetap merupakan pokok kajian yang mendalam sebelum menentukan taktik (diferensiasi, marketing mix, selling) sebagai implementasi dari strategi untuk meningkatkan market share. Segmentasi yang biasanya statis berdasar geografi (wilayah) dan demografi (penduduk) harus mulai dinamis berdasar psikografi, perilaku, dan individual.
“Memilih target pasar pun harus melihat ukuran pasar, pertumbuhan pasar, keunggulan kompetitif, dan persaingan,” kata Jenu Widjaya Tanjung.
Terkait dengan New Wave Marketing, lanjut Jenu Widjaya Tanjung, konsep marketing yang mengubah paradigma pemasaran (strategi, taktik, dan nilai) dari vertikal menjadi horizontal dimana pelanggan bukan lagi dijadikan `target` perusahaan, melainkan mengikutsertakan sebagai teman dalam kegiatan transaksi, juga pesaing dan agen perubahan. [ger]
Foto: Seminar nasional “Legacy Marketing and New Wave Marketing Strategy for Regional Competition 2015” di ruang rapat gedung C Universitas Narotama, Sabtu (1/2).